Pengertian Formula Dalam Excel
Mengingat pentingnya memahami formula pada excel, maka saya akan mencoba membahas pengertian formula. Formula (rumus) adalah alat yang memungkinkan kita untuk melakukan kalkulasi terhadap nilai nilai pada sel itu sendiri (sel yang ditempati oleh formula itu) maupun nilai yang tersimpan pada sel-sel yang lain.
Sebuah formula dapat membantu kita menganalisa data pada worksheet. Kita dapat melakukan perhitungan seperti penambahan, perkalian, dan bahkan pembandingan nilai-nilai yang terdapat pada worksheet. Sebuah formula dapat terdiri atas elemen-elemen berikut ini:
- operator perhitungan
- referensi alamat suatu sel
- nilai dari angka-angka secara langsung
- fungsi-fungsi Excel
- dan juga nama sel/nama range
Setiap formula di awali dengan tanda sama dengan ( = ). Excel menghitung rumus dari kiri ke kanan, menurut urutan tertentu untuk setiap operator dalam formula. Jika excel tidak menerima formula yang kita ketikkan, maka excel akan menampilkan nilai error.
Contoh formula sederhana:
1. Pada sel A1 kita ketik =100+30. Ketika kita menekan Enter, pada sel tersebut akan muncul angka 130, namun pada formula bar menampilkan isi formula itu. Hal ini karena formula yang diketikkan pada sel A1 berarti 100 ditambah 30, maka menghasilkan angka 130.
Selanjutnya bila pada sel A1 diketik 3200 dan selA2 di ketik angka 300, dan sel A3 dituliskan formula =A1+A2, maka ketika Anda menekan Enter, pada sel A3 akan muncul nilai 3500, yang terdiri atas 3200 (nilai sel A1) dan 300 (nilai sel A2).
Kedepan saya akan membahas Macam-Macam Operator Yang Digunakan dalam formula EXCEL
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN REKAN-REKAN, MOGA BERMANFAAT...
Wah menarik banget ini pembahasannya.... mana para pemula yang ingin belajar exel, ayo.. yang ini pas buat kamu
BalasHapusBagus banget..Dpt belajar excel dgn mudah..
BalasHapus