Jumat, 15 November 2013

Pengertian Fungsi dalam Excel

Mengapa kita harus mengenal Fungsi dalam Excel......?

Apakah anda sering mengerjakan laporan keuangan atau pengolahan data untuk disajikan dalam bentuk laporan, maka dengan formula/rumus dan fungsi yang terdapat pada Excel dapat membuat pekerjaan kita lebih efesien dimana dengan mudah kita dapat menyajikan laporan sesuai yang diinginkan. Bagi pelajar mungkin mengenal  fungsi tidak terlalu penting, namun tidak ada salah nya mempelajari nya lebih awal sebelum terjun kedunia usaha, karena hampir semua perusahan dalam penerimaan pekerja menanyakan skill/kemampuan anda dalam penggunaan Microsoft Office, terutama Word dan Excel. Kemampuan anda tentang formula dan fungsi dalam Excel akan menjadi suatu daya tarik dan menjadi bahan pertimbangan selain hal-hal lain yang dipersyaratkan oleh perusahaan.

Disini kita akan coba membahas tentang fungsi yang dimiliki oleh Excel. Dimana, Excel telah menyiapkan 300 atau lebih fungsi dalam berbagai kategori untuk memudahkan penggunanya dalam pemecahan suatu masalah. Namun, dikarenakan banyak fungsi yang ada, maka anda bisa memilih fungsi-fungsi mana yang prioritas yang harus dipelajari.

Untuk diperhatikan bahwa dalam menyusun suatu Formula anda harus membuat kurung buka dan kurung tutup yang seimbang (berpasangan). Dan penggunaan fungsi untuk menghasilkan suatu array, maka anda harus memilih sel-sel yang cukup untuk menampilkan hasilnya. 

Apa itu fungsi......

Fungsi merupakan jenis formula khusus siap pakai yang telah disediakan Excel untuk menangkap nilai-nilai argumen yang akan anda masukkan untuk diproses sehingga menghasilkan suatu nilai yang anda inginkan. Fungsi disediakan Excel untuk menyederhanakan formula yang kita buat sendiri yang panjang dan rumit.

Contoh :
  1. Formula penjumlahan yang dibuat sendiri = A1+A2+A3+A4+A5. Menggunakan fungsi =SUM(A1:A5), pertama diketik =SUM( kemudian arahkan kursor di A1 kemudian klik kiri tahan kemudian turunkan hingga A5.
  2. Formula perkalian yang dibuat sendiri = A1*A2*A3*A4*A5. Menggunakan fungsi = PRODUCT (A1:A5)

         


Penggunaan formula sangat terbatas, dimana banyak fungsi yang tidak bisa diwakili oleh formula.

Gimana cara menggunakan fungsi.......?

Fungsi dapat digunakan dengan cara memasukkannya kedalam formula, baik pada lembar kerja secara langsung maupun pada macro sheet. Kesalahan dalam susunan penulisan dasar fungsi akan menampilkan pesan error.



Dalam penulisan fungsi terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi agar menampilkan hasil yang kita inginkan. Adapun aturan-aturan apa saja yang tedapat dalam penulisan fungsi antara lain sebagai berikut:
  • Bila fungsi terdapat pada awal formula maka harus di awali dengan =, namun bila terdapat ditengah formula tidak perlu =.
  • Tanda kurung buka tutup berfungsi untuk memberitahu Excel dimana harus dimulai dan diakhiri.
  • Penulisan argumen harus di dalam tanda kurung. Argument dapat diketik sesuai perintah yang ditampilkan dalam pengetikan fungsi di Excel, dimana dapat terdiri dari bilangan, teks, nilai logika, array maupun referensi dan nama sel/range. Argumen juga bisa berupa fungsi yang lain, sehingga terdapat fungsi berganda atau disebut nested function. Excel dapat memuat hingga 7 buah fungsi berganda dalam suatu formula.
       
  • Excel akan menampilkan nilai yang salah apabila formula yang anda ketikkan sbb:

  1. Ada tanda kurung yang tidak seimbang
  2. Penulisan argumen yang keliru dimana tidak seperti yang dipersyaratkan oleh fungsi, atau kurang lengkap.
Terimakasih telah mengunjungi blog ini.......
Karna disini saya akan terus berusaha menginformasikan tentang jenis-jenis fungsi yang akan membantu kita dan mempersingkat waktu sehingga jenis laporan yang diinginkan akan cepat kita selesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar